Senin, 14 Oktober 2019

Memilih Timbangan Digital Untuk Hewan Ternak Yang Berkualitas


Seperti yang kita ketahui bahwa jenis timbangan itu bermacam-macam sesuai dengan kegunaannya. Seperti saat akan menimbang hewan yang kita butuhkan tentu timbangan hewan karena memang ada timbangan yang khusus untuk menimbang hewan. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah timbangan hewan ternak yang biasa digunakan untuk menimbang hewan-hewan ternak seperti sapi, kerbau atau kambing juga berbagai hewan ternak lainnya. 

Secara umum timbangan untuk hewan ternak ini terbagai menjadi dua jenis seperti timbangan pada umumnya yaitu jenis timbangan mekanik dan timbangan digital.

Karena yang akan ditimbang adalah hewan ternak yang biasanya memiliki bobot yang berat tentu saja kapasitas yang dimiliki oleh timbangan hewan ini haruslah cukup besar, yang mana biasanya lebih dari 1ton. 

Baik jenis mekanik maupun digital, timbangan ini biasanya dilengkapi pagar berpintu atau kita sebut saja kandang. Apa gunanya kandang pada timbangan hewan? Sederhana saja agar hewan yang akan ditimbang tidak kabur saat penimbangan.



Nah untuk timbangan hewan mekanik sudah pernah dibahas secara di artikel sebelumnya mengenai Timbangan Duduk Mekanik. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas kelebihan timbangan hewan digital yang tidak dimiliki oleh timbangan hewan mekanik.

Timbangan Model Bars Scale

Sebenarnya jenis timbangan ini juga sudah pernah kita bahasa pada artikel mengenai Timbangan Lantai. Namun tidak ada salahnya untuk sekedar mengingatkan kita bahas kembali. Timbangan model Bars Scale ini memang sangat praktis dan kita dapat menyesuaikan sendiri platform yang hendak ditambahkan diatas plat timbangan. 

Bars Scale


Model dan lebar platform yang akan kita letakkan juga dapat bervariatif tergantung dengan besarnya anggaran yang dimiliki. Bisa juga meletakkan kandang hewan diatas timbangan ini. Hanya harus diingat berat platform tambahan ini jangan sampai melebihi 10% dari kapasitas.

Nah sekarang mari kita bahas mengapa timbangan lantai model bars scale ini cocok untuk digunakan sebagai timbangan hewan. 

Menimbang hewan ternak (benda hidup) tentu berbeda dengan menimbang benda mati karena selama proses penimbangan bisa saja terjadi pergerakan dari hewan tersebut. Karena tidak mungkin hewan akan bisa tenang 100% seperti manusia saat hendak menimbang berat badan. Apalagi jika hewan yang ditimbang mengalami stress sehingga mengamuk dan terjadi pergerakan yang lebih banyak dari biasanya. Tanpa adanya Fitur HOLD kita akan kesulitan untuk menentukan beratnya karena hasil penimbangannya akan terus berjalan naik dan turun. 

Secara harfiah kata Hold jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah menahan. Karena itu Fitur Hold ini baik secara manual maupun otomatis mempunyai fungsi untuk mengunci berat hewan yang ditimbang sehingga penimbangan akan menjadi lebih akurat. Tentu fungsi ini tidak akan dimiliki oleh timbangan mekanik. 

Dan perlu dicatat bahwa tidak semua timbangan digital memiliki fungsi ini. Oleh karena itu jika anda memang ingin membeli sebuah timbangan untuk hewan atau benda hidup perhatikan terlebih dahulu apakah ada fitur Hold atau tidak. 

Hal kedua mengapa Bar Scale cocok digunakan untuk timbangan hewan adalah karena kapasitasnya yang besar. Karena pada dasarnya timbangan ini merupakan jenis timbangan lantai yang memang diperuntukkan untuk penimbangan berkapasitas besar.

Nah karena timbangan ini hanya berbentuk plat besi saja atau bars mungkin sebagian dari anda bisa menganggap jika menggunakan timbangan ini bisa lebih hemat karena platform yang bisa anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Namum jika anda menganganggapnya lebih merepotkan maka anda bisa langsung membeli timbangan hewan yang sudah dalam bentuk kandang.

Timbangan Hewan Model Kandang

Bagi anda yang menyukai kepraktisan dan menginginkan timbangan hewan ternak yang lengkap serta mempunyai budget yang cukup besar maka memilih Timbangan Hewan Model Kandang ini akan sangat cocok.

Timbangan ini sudah dalam bentuk mirip seperti kandang yang dilengkapi dengan pintu seperti yang sudah kita bahas diawal tadi. Memang jika dibandingkan dengan model Bars Scale harga timbangan hewan jenis ini memang terlihat agak mahal. Namun tentunya hal ini sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Dan harap diingat bahwa anda membeli sekaligus kandangnya.

Timbangan Hewan Model Kandang

Seperti yang terlihat pada gambar diatas timbangan hewan model kandang ini mempunyai ukuran yang cukup besar untuk digunakan menimbang sapi, kerbau atau kambing. Dengan ukuran Panjang 250cm, lebar 120cm dengan Tinggi 190cm. Kandang tersebut terbuat dari besi yang kokoh. Kapasitas timbangan ini mulai 1 ton hingga 3 ton.

Fitur Hold yang tadi telah disebutkan di atas tentunya juga ada pada timbangan ini. Selain itu jika anda ingin mencetak hasil penimbangan atau menyimpan data ke komputer sangat memungkinkan jika memakai timbangan ini karena indikator timbangan yang digunakan adalah Indikator BX1 yang didukung dengan koneksi RS 232.

Indikator BX1


Lalu dimana anda bisa mendapatkan timbangan-timbangan tersebut. Jawabannya adalah PT Altraman. Karena PT Altraman menawarkan layanan purna jual yang terjamin dengan garansi 1 tahun. Karena membeli timbangan bagi pelaku usaha merupakan bentuk investasi tentu anda tidak boleh membeli produk sembarangan yang tidak jelas hanya karena harganya murah. 

Jika anda ingin mencari tau lebih banyak mengenai timbangan hewan maupun jenis timbangan lainnya anda dapat langsung membuka website kami dan mendapatkan penawaran terbaik untuk timbangan yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar