Kamis, 29 Agustus 2019

Timbangan CB dan TBI, Timbangan Mekanik Unggulan Sejak 1947


Timbangan mekanik adalah timbangan yang bekerja secara mekanis menggunakan sistem pegas. Massa suatu benda akan diukur menggunakan gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut. Biasanya timbangan ini menggunakan jarum atau gandar yang telah terskala.

Lalu apa itu timbangan duduk mekanik? Kita sudah paham bahwa jenis timbangan bermacam-macam, ada timbangan meja, timbangan gantung, timbangan lantai dan juga timbangan duduk. Timbangan duduk mekanik berarti adalah timbangan duduk yang bekerja dengan sistem mekanik seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi.

Menggunakan timbangan duduk mekanik mempunyai keuntungan tersendiri dibandingkan timbangan digital. Utamanya adalah karena tidak membutuhkan listrik maka timbangan ini dapat digunakan di tempat-tempat yang tidak ada aliran listrik.

"Keuntungan timbangan mekanik tidak membutuhkan listrik."

Selain itu biasanya material yang digunakan pada timbangan duduk mekanik ini memakai besi yang kuat dan tahan banting. Bisa digunakan untuk penimbangan kasar tanpa khawatir akan cepat rusak. Kapasitasnya pun besar hingga ratusan kilogram. Biasanya juga timbangan ini dilengkapi dengan roda sehingga mudah dipindah-pindahkan.

Karena alasan-alasan itulah timbangan duduk mekanik masih sangat diminati oleh pengguna walaupun jenis timbangan digital sangat berkembang dengan segala kelebihannya.

Timbangan duduk mekanik ini sendiri telah menjadi produk unggulan dari PT Altraman sejak pertama kali didirikan pada tahun 1947 hingga sekarang. Tipe timbangan duduk ini ada 2 yaitu timbangan CB dan timbangan TBI. Kedua tipe timbangan tersebut terbukti sangat kuat bertahun-tahun meski digunakan setiap hari.

Centisimal Bascule atau timbangan CB, disebut demikian karena timbangan ini menggunakan perbandingan 1:100. Cara penimbangannya menggunakan anak timbang (AT), dimana AT yang digunakan hanya 1/100 dari muatan saja. Timbangan ini juga menggunakan gandar berskala yang diengkapi dengan bobot ingsut.


Timbangan CB



Timbangan Bobot Insut atau disebut  timbangan TBI. Berbeda dari timbangan CB, timbangan ini tidak menggunakan AT melainkan hanya menggunakan bandul geser saja. Bandul geser dan stang timbangannya ada 2 buah. Bandul geser yang satu lebih besar dan digunakan untuk menghitung puluhan, sedangkan untik bandul yang kecil digunakan untuk menghitung satuan. Secara pengunaannya timbangan TBI ini lebih praktis dibandingkan timbangan CB.

Timbangan TBI


Bahan platform dari timbangan ini sama dengan timbangan CB yaitu menggunakan plat besi yang kokoh. Ukuran platform tergantung dari kapasitas timbangan, gambar diatas merupakan ukuran dari platform 62 cm x 48 cm dengan kapasitas 150kg, 310kg, 520 kg. Untuk kapasitas lain menggunakan ukuran yang berbeda. Untuk timbangan TBI ini sendiri tersedia kapasitas hingga 5ton sedangkan untuk timbangan CB hanya hingga 1ton.

Timbangan TBI juga tersedia tipe timbangan hewan berkapasitas 1500kg yang dilengkapi dengan kandang. Ukuran platformnya lebih luas yaitu 190cm x 110cm karena timbangan ini diperuntukkan untuk menimbang ternak. Dengan kualitas yang sama dengan kapasitas yang lain tentu saja.


Perbandingan Timbangan TBI dan Timbangan CB

Dari gambar diatas dapat kita lihat perbedaan dari kedua jenis timbangan tersebut adalah adanya tempat anak timbang pada timbangan CB yang tidak ada pada tipe TBI. Sedangkan untuk stang timbangan baik jenis CB maupun TBI sama-sama menggunakan stang berbahan kuningan yang direkomendasikan oleh Direktorat Metrologi.
Stang Berbahan Kuningan

Kelebihan lain dari kedua jenis timbangan ini menggunakan finishing powder coating. Dimana dengan menggunakan cat ini timbangan menjadi lebih kuat terhadap goresan dan karat dibandingkan dengan cat biasa.
Finishing Powder Coating

Kedua timbangan ini juga dilengkapi dengan roda besi di keempat sisinya yang memudahkan untuk dipindah-pindahkan. 


Dilengkapi roda besi

Nah itulah review singkat mengenai timbangan mekanik produk unggulan PT Altraman. Baik tipe timbangan CB maupun timbangan TBI mempunyai keunggulan dan karakteristiknya masing-masing. Anda dapat memilihnya yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Karena kepuasan pengguna adalah komitmen kami.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar