Selasa, 27 Agustus 2019

Memilih Indikator Timbangan Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Indikator timbangan adalah alat yang berfungsi untuk membaca hasil penimbangan. Alat yang juga disebut sebagai weighing indicator ini akan menampilkan angka yang merupakan hasil penimbangan.

Alat inilah yang bertugas untuk meubah arus atau tegangan yang dihasilkan oleh loadcell menjadi angka digital yang merupakan hasil penimbangan. Karena itulah indikator merupakan elemen vital dalam sebuah timbangan digital.

Berdasarkan karakteristik pemasangannya indikator timbangan dibedakan menjadi dua macam yaitu indikator yang menyatu dengan badan timbangan dan indikator yang terpisah dari badan timbangan.

Biasanya timbangan yang indikatornya menyatu dengan badan timbangan adalah timbangan berukuran kecil seperti timbangan meja, timbangan buah, timbangan counting juga timbangan gantung.


Contoh Indikator Menyatu : Timbangan Counting

Sedangkan jenis timbangan yang menggunakan indikator terpisah adalah timbangan berkapasitas besar seperti timbangan duduk, timbangan lantai, timbangan hewan bahkan jembatan timbang. Indikator ini akan dihubungkan menggunakan kabel pada platform timbangan.

Contoh Indikator Terpisah : Timbangan Lantai

Indikator Mengenai sumber daya biasanya indikator menggunakan batere isi ulang namun ada juga jenis yang harus dihubungkan ke listrik secara langsung.

Nah berdasarkan fungsinya jenis indikator juga berbeda-beda. Seperti indikator untuk timbangan hitung atau counting akan berbada dengan indikator yang digunakan untuk timbangan gantung. Selain itu berdasarkan ada atau tidaknya fitur koneksi ke komputer sekali lagi indikator timbangan dibangi menjadi dua kelompok. 

Untuk indikator yang tidak mempunyai fitur koneksi ke komputer atau printer biasanya hanya bisa untuk menimbang saja namun tidak menutup kemungkinan adanya tambahan fitur lain seperti fitur untuk menghitung jumlah benda atau counting seperti yang ada pada indikator Quattro FHI.
Indikator Quattro FHI
Karena keunggulan utama dari indikator FHI adalah fitur hitung, maka tak heran jika indikator ini dilengkapi dengan tombol numerik yang berfungsi memudahkan proses penghitungan.

Namum ada juga indikator yang lebih sedehana dimana hanya digunakan untuk menimbang saja seperti Quattro IQ2. Namun walau demikian indikator ini juga memiliki kelebihan seperti fitur Checkweigh alarm dan fitur Hold.
Indikator Quattro IQ2
Lalu untuk contoh indikator dengan fitur koneksi ke komputer ada indikator Fine FS 8000 dan indikator Balanza BX1. Tak hanya koneksi ke komputer atau printer saja, indikator ini juga memungkinkan untuk mengguakan software tambahan yang bisa mengorganisir hasil penimbangan. Selain itu opsi tambahan seperti display tambahan atau eksternal display juga towerlamp dapat ditambahkan jika menggunakan indikator ini. Biasanya pengaplikasian indikator FS 8000 ada pada jembatan timbang.
Indikator Balanza BX1

Indikator Fine FS 8000
Selain keempat produk tersebut sebenarnya masih ada beberapa type indikator lain yang dijual oleh PT Altraman. Nah jika anda saat ini sedang mencari indikator yang tepat untuk timbangan, anda dapat langsung mengunjungi website PT Altraman dan memilih indikator timbangan sesuai dengan kebutuhan. Namun jika anda masaih ragu untuk memilih indikator yang sesuai jangan khawatir anda dapat berkonsultasi langsung dengan customer service yang siap membantu anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar